SELAMAT MEMBACA ARTIKEL PSIKOLOGI TRANSPERSONAL

Kamis, 31 Mei 2012

Alasan Ramaja Berpacaran


Banyak alasan yang di kemukakan oleh remaja, mengapa mereka berpacaran. Alasan-alasan ini bisa dipandang secara subjektif maupun objektif.  Baik dari segi fisik, fisiologis, psikis, sosial dan harapan serta keyakinan.

Alasan-alasan remaja berpacaran itu antara lain:

Hiburan

Apabila berkencan dimaksudkan untuk hiburan, remaja menginginkan agar pasanganya mempunyai berbagai keterampilan sosial yang dianggap penting oleh kelompok sebaya, yaitu sikap baik hati dan menyenangkan

Sosialisasi

Kalau anggota kelompok sebaya membagi diri dalam pasangan-pasangan kencan, maka laki-laki dan perempuan harus berkencan apabila masih ingin menjadi anggota kelompok dan mengikuti berbagai kegiatan sosial kelompok.

Status

Berkencan bagi laki-laki dan perempuan, terutama dalam bentuk berpasangan tetap, memberikan status dalam kelompok sebaya, berkencan dalam kondisi demikian merupakan batu loncatan ke status yang lebih tinggi dalam kelompok sebaya.

Pemilihan Teman Hidup

Dalam pola pacaran, berkencan berperan penting karena remaja jatuh cinta dan berharap serta merencanakan perkawinan, ia sendiri harus memikirkan dengan sungguh-sungguh masalah keserasian pasangan kencan sebagai teman hidup. Tentu ini adalah alasan yang sangat masih labil. Banyak remaja yang bermaksud cepat menikahi memandang kencan sebagai cara percobaan atau usaha untuk mendapatkan teman hidup.

Tentunya, alasan-alasan remaja menjalin hubungan dengan lawan jenis masih sangat labil, apalagi menganggap bahwa pasangannya sekarang cocok untuk dijadikan teman hidup selanjutnya. Masih terdapat tantangan dan rintangan yang harus dihadapi remaja kedepan. Remaja masih butuh pengetahuan tentang idealisme kehidupan.


Tidak ada komentar: